Selasa, 12 Juni 2012

Easy Guide Digital Japanese Mahjong for Beginner


1.  Mengenal Aturan dalam bermain mahjong
Dalam mahjong, kita bermain 4 orang pada umumnya dengan menggunakan Meja mahjong dan Tile yang berjumlah total 136 Tile. Setiap pemain akan diberikan jumlah Tile sebanyak 13 + 1, artinya 13 untuk dikumpulkan yang nantinya akan disusun hingga bisa menang dan +1 nya itu adalah Tile terakhir apabila 13 Tile yang telah kita kumpulkan itu telah mencapai Hampir selesai atau sisa 1 Tile (disebut Tenpai). Nah dengan 1 Tile tersebut kita akan memenangkan Mahjong tersebut.

2. Bagaimana cara kita Menang?
Seperti yang dikatakan pada poin pertama, dengan mengumpulkan dan menyusun 13+1 Tile kita dapat menang, tentunya dengan kondisi tertentu. Kondisi tersebut sangat mudah, yaitu:

  •  Untuk 12 Tile:  kita akan mencari , mengumpulkan hingga menyusun urutan Tile yang kita dapat diawal hingga menang. Yaitu [3] [3] [3] [3] , artinya 3 set Tile (Pon) ataupun 3 Tile yang berurut (Chi). Maksud yang set adalah [3,3,3] atau [4,4,4] dan seterusnya meski nantinya disana akan ada unsur selain angka yaitu Mata angin dan Naga. Untuk yang Urut yaitu, [2,3,4] atau [4,5,6] dan seterusnya, namun tidak bisa [8,9,1] atau [9,1,2].
  • Setelah 12 Tile dengan” [3] [3] [3] [3]” :  kini tersisa tinggal 2 Tile yaitu Tile yang kembar. Maksud dari Tile kembar ini tidak lain dan tidak bukan yaitu sepasang Tile dengan nilai dan bentuk yang sama, contohnya [2,2] atau [4,4] atau [utara,utara] atau [naga merah, naga merah] dan seterusnya.
  •  Dua poin diatas tidak berlaku untuk kembar-7 (Chitoitsu) dan 13 yatim-piatu (Kokushi-Musou)


       
Lantas apa yang dimaksud 13+1?

Diawal kita memulai game, kita dimodalkan 13 Tile dan setiap putaran kita akan mengambil dari Wall yang disediakan dan Tile kita kini menjadi 13+1. Tile yang +1 itu adalah Tile yang baru saja diambil dari Wall yang nantinya berguna untuk menyusun hingga mengoleksi sampai menjadi 14 buah Tile yang membuat kita menang. ketika 13 Tile kita telah mencapai sebuah keadaan dimana tinggal sisa 1 Tile lagi , itu artinya kita telah Tenpai. Ketika kita Tenpai dan masih memiliki point setidaknya 1000, anda bisa berkata Richi untuk mengorbankan 1000 point dan menaruh Richi Stick
Fungsi Richi ini untuk membesarkan (melipat-gandakan) point kemenangan anda. Anda juga bisa memilih tidak berkata Richi apabila anda mau, hal itu dapat disebut Hidden Tenpai. Ingat anda hanya bisa berkata Richi apabila anda dalam keadaan Tenpai dan anda memiliki 1000 point untuk dikorbankan yang nantinya apabila anda menang , 1000 point tersebut akan dikembalikan ke anda, namun jika ada orang lain yang menang duluan sebelum anda, maka 1000 tadi akan menjadi pemilik orang yang menang tersebut.

  • Keadaan ketika Richi.
Dalam keadaan Richi, pastinya anda telah mengorbankan 1000 point , menaruh Richi Stick dan telah Tenpai. Yang istimewanya dari Richi adalah, apa yang anda ambil dari Wall, itulah yang anda buang, Kecuali Tile tersebut adalah Tile terakhir yang menjadi Tile kemenangan anda. Artinya saat anda mengambil Tile, namun itu bukan Tile yang anda cari maka mau tidak mau anda harus membuang Tile tersebut (sebut saja Richi-Tile). Apabila anda membuang dari Tile yang bukan Richi-Tile maka game selesai dan anda akan terkena pinalti. Pemain yang Richi akan membuang Tile secara horizontal (menyamping)
  •  Keadaan ketika Richi part2: “Tsumo”.
“Draw and Throw”, mudahnya jika Tile yang anda ambil itu bukan yang anda cari. Ketika anda mendapatkan Tile yang anda cari, anda memiliki keputusan untuk berkata Tsumo atau membuang Tile tersebut. Bila anda Tsumo, maka game berakhir dan Scoring pun dimulai untuk menentukan berapa point yang anda dapat dan selamat anda telah menang. Scoring Tsumo yaitu total skor dibagi lawan , terkadang sang Dealer (bandar) akan bayar lebih banyak. Anda juga bisa tidak membuang Richi-Tile dengan alasan:
  1. Anda mencari Tile yang lain (Richi-Tile bisa lebih dari 1) karena adanya perbedaan skor yang signifikan. Biasanya alasan ini digunakan karena mengincar Dora.
  2. Anda bermaksud untuk menargetkan pemain lain yang membuang Tile yang mungkin itu adalah Richi-Tile yang anda cari (Ron; akan dijelaskan di poin berikutnya).
  3. Anda mengincar Last-Draw Tsumo (Haitei). Dalam Pro-Mahjong, biasanya pemain dapat memperkirakan Tile yang nantinya akan dia ambil dan Tile apa yang ada dalam Wall. Nah jika anda punya insting dan keyakinan kuat bahwa Tile di Wall terakhir adalah Richi-Tile yang anda cari, maka anda siap untuk HAITEI-RAOYUE (Last-Draw Tsumo). 
  4. Faktor Furiten : Yaitu keadaaan dimana kita hanya dapat menang dari Tsumo. Dikarenakan akibat kita telah membuang Tile (sebut Tile.X) dan kita mencari Richi-Tile yang telah kita buang (Richi-Tile.X) 
  5. Walau saya Richi namun tidak menang sampai akhirpun (tidak berkata Tsumo jika dia dapat), saya akan tetap di peringkat pertama kok meskipun di Ron” artinya skor anda telah jauh melampaui lawan anda sehingga anda dapat menakuti lawan anda saja meski anda terkena Ron dari lawan.
  • Keadaan ketika Richi part3: “Ron”. 
    1. Hunt or Hunted, berburu atau diburu. Artinya kita harus siaga untuk melihat Tile apa yang lawan buang. Kadang bisa saja terjadi bahwa pemain lain juga berkata Ron , padahal kita juga berkata Ron. Hal itu disebut Double-Ron.
    2. Karena setiap lawan memiliki kesempatan untuk Ron, artinya ketika anda Richi , anda pasti akan membuang Richi-Tile dan anda tidak bisa menghindar walaupun anda tahu bahwa lawan sedang mengincar Richi-Tile anda. Scoring Ron yaitu, anda mendapat semua total skor dari lawan yang anda Ron (Direct Hit) . Alasanbila memilih untuk tidak Ron sekarang namun memilih untuk Ron nanti yaitu: 
    • Tile yang dibuang bukan yang anda cari karena factor skor yang signifikan karena ada unsur Dora. 
    • “my target is you” artinya anda sengaja menunggu lawan yang anda target untuk membuang Tile yang anda tunggu (ingin melakukan Direct-Hit pada lawan yang anda inginkan). 
    • Anda mengincar Last-Throw Ron (Hoitei). Dalam Pro-Mahjong, HOITEI-RAOYUI  merupakan Yaku yang tergolong sulit didapat, karena belum tentu kita dapat Ron dari Tile yg dibuang lawan ketika Wall telah mencapai 0.
    Keadaan Setelah Richi: 
    Setelah Richi ada 3 buah opsi yaitu, Menang , Tenpai dan Noten. Kalau menang artinya telah Tsumo atau Ron. Dalam point ini akan dijelaskan Tenpai dan Noten. 
    • Tenpai : Keadaan dimana kita tinggal menunggu Tile terakhir untuk dapat menang. Apabila semua pemain tidak dapat menang (Tsumo atau Ron) hingga Wall 0, maka perhitungan skor akan melalui Tenpai. Pemain yang Tenpai akan dapat skor dan yang tidak Tenpai (Noten) akan dikurangi. 
    • Noten : Keadaan dimana Tile yang kita miliki tidak sampai ke keadaan Tenpai, mudahnya Bad-Hand. Pemain yang Noten akan dikurangi skornya.
    Perhitungan Skor Tenpai dan Noten:
    1. Bila 3 pemain Tenpai, maka 1 pemain yang Noten akan dikurangi 3000 dan sisanya dapat 1000
    2. Bila 2 pemain Tenpai, maka 2 pemain yang Noten akan dikurangi 1500 dan sisanya dapat 1500 
    3. Bila 1 pemain Tenpai, maka 3 pemain yang Noten akan dikurangi 1000 dan sisanya dapat 3000
[=]Rangkuman[=]
UrutanMain mahjong dari memulai hingga menang:
1.Tiap pemain mendapatkan 13 Tile dan akan mengambil 1 Tile dari Wall  
2.Pemain mencari, mengumpulkan hingga menyusun 14 (13+1) Tile dengan [3] [3] [3] [3] + [2]. 
a.       [3] bisa set (Pon) ([5.5.5] [3.3.3] dst) atau urut(Chi) ([4.5.6] [3.4.5])
b.      [2] adalah sepasang Tile ([2.2] , [timur , timur] [naga merah , naga merah]).
3.Bila pemain telah berhasil mengumpulkan 13 Tile dan sisa tinggal 1 Tile lagi untuk menang, artinya pemain tersebut Tenpai dan bisa Berkata Richi dan menaruh Richi-Stick jika ada minimal 1000 poin untuk mendapatkan Tile terakhir.
4.Bila pemain yang Richi mendapatkan atau melihat lawan membuang Tile yang dia cari, dia bisa berkata Tsumo atau Ron untuk memenangkan game
5.Bila sampai Wall 0 dan pemain tidak ada yang menang (berkata Tsumo atau Ron), perhitungan skor akan dihitung dengan Tenpai atau Noten.

[X]Faktor yang menyebabkan game dihentikan[x]
1. Salah satu pemain telah menang.
2. Masing-masing pemain membuang Tile Mata Angin yang sama dalam putaran pertama. Misal, turn pertama pemain ”A” Ambil Tile > buang Tile Utara ; pemain “B” Ambil Tile > buang Tile Utara ; pemain “C” Ambil Tile > buang Tile Utara ; pemain “D” Ambil Tile > buang Tile Utara. Maka game akan dihentikan dan akan dimulai permainan baru.
3. Keempat pemain Richi sebelum ada salah satu pemain yang menang atau sebelum Wall mencapai 0 dalam 1 babak. Namun jika pemain keempat Richi dan membuang Tile yang merupakan Richi-Tile yang telah ditunggu dari salah satu ketiga pemain lainnya dan mengatakan Ron , maka pemain yang Ron yang menang.
4. ketika ada 4 Kan tidak peduli siapapun pemain yang melakukan Kan, namun jumlahnya 4 Kan dalam 1 babak. Hal ini disebabkan karena Indikator Dora telah terbuka semua. Namun ketika Kan keempat dan pemain dapat 1 Tile terakhirnya (artinya dia telah Tenpai) maka pemain tersebut akan menang dengan Tsumo setelah Kan (Rinshan-Kaiho)
5. ketika terjadi Kyu shu Kyu hai (Opsional) , maksudnya adalah jika ada terminal dan honor yang berbeda dengan jumlah 9 atau lebih dari tile yang kita dapat setelah membelah dead wall atau mau mengambil tile pertama di turn pertama. Namun pemain yang dapat Kyu shu Kyu hai memiliki pilihan untuk menyebut Kyu shu Kyu hai untuk menghentikan game atau tidak.
6. Chombo , atau Pinalty. Terjadi jika pemain melakukan kesalahan dalam game. pemain tersebut akan terkena pinalti sebanyak mangan (8000 atau 12000 jika dealer) yang dibagikan kepada tiga pemain lainnya. Game akan berhenti dan berlanjut ke next wind.


Oke sepertinya terlalu panjang..
Part selanjutnya Istilah dalam Mahjong ada di link ini
Istilah dalam mahjong Part 2

>^< Salam ProgamerOtaku >v<




10 Guest Note:

ProgamerOtaku mengatakan...

Nanti akan ada Update Tips dan Trik agar mudah menang x3

Yoshima mengatakan...

ditunggu update tan berikutnya x3

Anonim mengatakan...

mas witra, kurang gambarnya nih.. masih terlalu asing buat saya istilah dan gambar di tilenya..
~indratama

ProgamerOtaku mengatakan...

Update nya Part 2 ada disini
"Istilah dalam Mahjong"

http://progamerotaku.blogspot.com/2012/06/istilah-dalam-mahjong.html

ProgamerOtaku mengatakan...

update part3
Mengenal Tile mahjong
http://progamerotaku.blogspot.com/2012/06/mengenal-tile-mahjong.html

Junaedi Widjojo mengatakan...

wah.. sepertinya cukup rumit ya permainan nya
tapi menarik juga untuk dicoba.. hmm semoga ada temen yg tertarik nyoba juga ah

romanov80 mengatakan...

di google stor ada gamenya. namanya mahjong academy :) gw srg main. pernah menang 99 tai :))

romanov80 mengatakan...

gw menang 99 tai dgn cara dpt 3 naga kecil :)

Haruchi mengatakan...

Min yaku tersulitnya apa aja? Mau coba ngincer

liga pelangi mengatakan...

Artikel yang Menarik Gan
Mohon Izin Comment ya ^^

Klik LIGA PELANGI

Join LigaPelangi ! klik link di bawah ya^^
BONUS DEPOSIT HARIAN 10% + CASHBACK SPORT S/D 15% + REFFERAL SPORT 2.5% dan Promo harian menarik lainnya ya^^

DEPOSIT VIA PULSA
- TELKOMSEL : 0,85 atau 15%
- Xl 0,90 atau 10%

COSTUMER SERVICE :
- LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
- WA : +85515982617

Klik Prediksi Bola

Klik Situs Resmi Bolajalan

Klik Bola Online

Klik Tentang Kami

Ayo bosku segera daftarkan diri anda dan raih hoki bersama kami ya^^

Posting Komentar